rss_feed

Desa Sabuai

Jl. Husin Hamzah RT.04 Desa Sabuai
Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah
Kode Pos 74181

mail_outline tohhari.sebuai@desa.mail.go.id

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Sabuai Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat | Kantor Desa Sabuai Membuka Pelayanan Publik Pada Hari Senin - Jumat Pukul 08:00 - 15.30 WIB | **Marhaban Ya Ramadhan** (Selamat Menunaikan Ibadah Puasa)
fingerprint
Visi dan Misi

date_range 24 Ags 2016 10:48:28 favorite 60 Kali

VISI dan MISI

 

VISI

 

BEKERJA MELAYANI MASYARAKAT DESA SABUAI YANG DILANDASI DENGAN NIAT IBADAH DEMI TERCAPAINYA MASYARAKAT DESA SABUAI YANG SEHAT, TUMBUH, MAJU, SEJAHTERA, BERKEADILAN, DAN BERAKHLAK MULIA SEHINGGA MAMPU MENYANDANG PREDIKAT DESA YANG MANDIRI DALAM SEGALA BIDANG“

  

MISI

Sedangkan Misi Desa Sabuai adalah :

1. Bidang Pemerintahan

- Mengoptimalkan Kinerja Perangkat Desa sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya yang secara Prinsif adalah sebagai pelayan masyarakat.

- Seluruh unsur Pemerintahan Desa Baik Kepala Desa, Perangkat Desa dan staf harus mampu memberikan pelayanan yang ramah, cepat dan tepat, sehingga mampu menciptakan kepuasan bagi setiap lapisan masyarakat.

- Dalam setiap Perencanaan jalannya proses pengaggaran wajib selalu melibatkan masyarakat dalam pemilihan poin

– poin mata anggaran, maksudnya adalah apabila pemilihan kegiatan atau pekerjaan yang akan dilaksanakan adalah murni keinginan masyarakat secara umum, salah satu contoh dengan menjalankan dan melaksanakan musrenbang tingkat RT, tingkat Desa, tingkat kecamatan dan Kabupaten, dan jenis kegiatan yang diutamakan adalah kegiatan yang secara umum sebuah keinginan atau usulan masyarakat dengan tetap memperhatikan perundang-undangan yang berlaku.

- Mewujudkan Pemerintahan Desa yang transparan dengan upaya melibatkan semua lapisan masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan, sekaligus masyarakat sebagai pelaku disetiap tahapan pembangunan Desa sesuai bidang dan keahliannya masing – masing.

- Akan menginformasikan secara detail dan jelas semua anggaran Desa yang diterima dari semua sumber, baik DD, ADD, DBH Pajak, dll, informasi itu akan disampaikan secara Lisan dan tertulis yaitu detail – detail sumber dana dan penggunaannya.

2. Bidang Pendidikan dan Keagamaan

- Meningkatkan Sumberdaya manusia dengan membangun mental positif sejak usia dini baik dibidang pendidikan, keagamaan, kesenian budaya, yang bertujuan mengembangkan potensi generasi muda untuk selalu berkarya demi memajukan Desa.

- Lobi politik untuk perhatian lebih terhadap sekolah – sekolah yang ada dilingkungan Desa Sabuai agar mendapat perlakuan yang sama dengan sekolah sekolah yang ada dikota, fasilitas memadai, sarana dan prasarana juga memadai.

- Melanjutkan Pembinaan terhadap pemuda – pemudi Desa dalam bidang Olahraga dan Keagamaan. - Mengembangkan Potensi dan semangat masyarakat dalam berolahraga.

- Meningkatkan dan memajukan keagamaan yang mungkin selama ini belum maksimal.

- Lebih memaksimalkan TPA dan Pendidikan agama untuk kegiatan yang lain, seperti perayaan hari – hari besar Islam wajib untuk di ramaikan dan di seimbangkan dengan hari – hari besar Nasional lainnya. Jangan ada perbedaan perlakuan dalam perayaannya agar tercipta suasana Desa yang seimbang / Balance.

3. Bidang Pemberdayaan dan Perekenomian

- Membuat dan membuka seluas-luasnya sumber penghasilan masyarakat melalui program pemberdayaan seperti kegiatan - kegiatan pelatihan yang bisa membentuk potensi potensi Desa dan Peningkatan kegiatan kegiatan ekonomi di Desa dalam segala Bidang.

- Meningkatkan Perekonomian Desa dengan mengelola BUMDesa secara Profesional dan Pemerintahan Desa wajib support penuh dalam penyertaan modal agar lembaga ini menjadi lebih kuat dengan modal yang besar secara otomatis usaha akan menjadi besar dan peluang berhasil akan lebih terbuka, Pemeritah Desa minimal harus mampu menganggarkan penyertaan modal 100 juta pertahun, sehingga dalam jangka waktu 6 tahun masa jabatan kepala Desa, BUMDesa akan mendapat modal 600 Juta, sehingga akan banyak peluang usaha yang bisa di ciptakan BUMDesa untuk masyarakatnya dalam setiap tahunnya.

- Membuka seluas-luasnya Lapangan Usaha atau sumber penghasilan bagi masyarakat seperti membangun dan mendirikan Obyek Wisata yang secara tidak langsung akan membuka sumber peluang usaha untuk masyarakat, seperti membangun danau purun untuk dijadikan sebagai obyek wisata, membangun hutan lestari untuk obyek hutan wisata, membuat tambak ikan air tawar yang sama-sama masyarakat ketahui bahwa tambak sangat mempunyai potensi yang luar biasa, mengembangkan pertanian yang lebih modern dan menarik sehingga memiliki nilai keindahan sehingga bisa dijadikan obyek wisata pertanian serta membuat perdes tentang batasan kegiatan Illegal Fissing atau pemancing liar, dengan tujuan agar sumber daya alam dan potensi yang ada di Desa memang benar – benar dapat dimanfaatkan dan dirasakan hasilnya oleh masyarakat Desa (Agro mina wisata Pertanian).

- Berupaya maksimal dalam menyerap program Pemerintah baik program Pusat, Provinsi ataupun program dari Kabupaten terutama dibidang Pertanian, karena pada akhirnya yang akan mejadi tumpuan lumbung pangan Kabupaten Kotawaringin Barat adalah di Desa Sabuai. Dukungan dari Pemerintahan Desa dibidang pertanian juga sangat diperlukan, maka dirasa sangat perlu apabila demplot Dinas berhasil, maka mulai tahun 2020 Desa harus menganggarkan dana desa untuk pengolahan lahan pertanian agar lebih maksimal yaitu menggunakan alat berat, dan alat berat tersebut pinjam pakai dari Dinas Pertanian. Sementara dibidang Nelayan, akan lebih memaksimalkan dalam membantu nelayan agar bisa tersentuh program pemerintah baik itu bantuan kapal, pukat dan lain – lain. Serta perhatian lebih dari Desa terhadap lembaga – lembaga Desa akan mampu menjembatani kelompok – kelompok baik itu kelompok nelayan, kelompok tani dan kelompok UKM untuk terus dapat merasakan program yang disediakan baik dari anggaran Desa, anggaran pusat, anggaran Provinsi, dan kabupaten seperti proposal atau bentuk – bentuk lain.

- Akan mendorong peternak untuk membangun SPR ( Sentra Peternakan Rakyat ) Kawasan pesisir guna menambah peluang/sumber usaha masyarakat.

- Memaksimalkan produksi dan pemasaran produk unggulan Desa.

- Air bersih/PAM wajib bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, dengan upaya maksimal dan anggaran maksimal juga, dipastikan di tahun pertama jabatan kepala desa apabila kami mendapat amanah, akan terwujud Pemerataan penggunaan air bersih baik dari timur sampai kebarat, dan kedarat.

- Memaksimalkan loby politik baik Kabupaten ataupun pusat untuk dapat menyentuh program Pemerintah terutama Pembangunan jalan utama Desa yang kebetulan sampai saat ini masih belum merasakan aspal hotmik.

- Akan mengalokasikan anggaran untuk PJU (Penerangan Jalan Umum).

- Akan mengupayakan Jaringan/sinyal telpon agar kedepannya bisa lebih mudah dalam berkomunikasi.

- Akses ke Hutan Wisata, jalan kepantai, dan ke tambak Desa akan di bangun dan dimaksimalkan ditahun pertama jabatan.

- Ditahun pertama jabatan, Desa Sabuai wajib menjadi Desa yang sehat, misalnya dengan mengedukasi/mengajak masyarakat untuk memiliki kartu jaminan kesehatan seperti BPJS Kesehatan, dan harus semua lapisan masyarakat memilikinya, agar sewaktu-waktu apabila masyarakat terkena musibah tidak lagi kebingungan masalah biaya perobatan karena memiliki kartu jaminan tersebut.

- Mengajak semua lapisan masyarakat untuk kembali menumbuhkan nilai-nilai kebersamaan seperti gotong – royong dan aktif di setiap lembaga Desa, pertemuan rutin dalam kelompok, agar selalu bisa terserap permasalahan yang ada di masyarakat.

- Menghidupkan kembali siskamling.

business
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

  [Ganti]  

assessment Statistik Desa

event Agenda


  • Belum ada agenda

share Sinergi Program

insert_photo Galeri Foto

account_circle Aparatur Desa

message Komentar Terkini

contacts Info Media Sosial

map Wilayah Desa

Alamat : Jl. Husin Hamzah RT.04 Desa Sabuai
Desa : Sabuai
Kecamatan : Kumai
Kabupaten : Kotawaringin Barat
Kodepos : 74181
Telepon :
Email : tohhari.sebuai@desa.mail.go.id

JADWAL SHOLAT & IMSAK

  • Imsak: Imsak:
    Subuh: Subuh:
    Terbit: Terbit:
    Dhuha: Dhuha:
    Dzuhur: Dzuhur:
    Ashar: Ashar:
    Maghrib: Maghrib:
    Isya: Isya:

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini:16
Kemarin:12
Total Pengunjung:17.729
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.238.204.31
Browser:Tidak ditemukan
  • TOHHARI

    Kepala Desa

  • HASAN BASRI,SE

    Sekretaris Desa

  • MISPUHADI

    Kasi Pemerintahan

  • DIDI SUPRIADI,SE

    Kaur Keuangan

  • LAILA KARTINI,S.Pd

    Kasi Kesra

  • SRISNAWATI

    Staf Desa

  • SUHARDI

    Staf Desa

  • SYARIEF ADURRAHMAN

    Staf Desa

  • ARBAWATIH

    Staf Desa

  • NOVITASARI,S.Pd

    Staf BPD

settings Pengaturan Layar

fingerprint

16 views

Pengunjung Hari Ini

133.33 %
Kemarin 12 views

router OpenSID 21.10

  • lock Login Aplikasi
    Halaman Administrator

  • print Layanan Mandiri
    Permohonan Surat, Cetak KK, dll

  • room Lokasi Kantor
    Desa Sabuai

insert_chart
APBDes 2020 Pelaksanaan

Realisasi | Anggaran

PENDAPATAN
Rp. 1,513,764,977 | Rp. 1,564,980,500
96.73 %
BELANJA
Rp. 2,114,242,982 | Rp. 1,775,755,601
119.06 %
PEMBIAYAAN
Rp. 410,775,101 | Rp. 410,775,101
100 %
insert_chart
APBDes 2020 Pendapatan

Realisasi | Anggaran

Hasil Usaha Desa
Rp. 100,000 | Rp. 12,025,000
0.83 %
Dana Desa
Rp. 806,028,000 | Rp. 806,028,000
100 %
Bagi Hasil Pajak dan Retribusi
Rp. 65,722,800 | Rp. 74,915,500
87.73 %
Alokasi Dana Desa
Rp. 640,384,700 | Rp. 655,012,000
97.77 %
Bantuan Keuangan Provinsi
Rp. 0 | Rp. 14,500,000
0 %
Lain-lain Pendapatan Desa Yang Sah
Rp. 1,529,477 | Rp. 2,500,000
61.18 %
insert_chart
APBDes 2020 Pembelanjaan

Realisasi | Anggaran

BIDANG PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DESA
Rp. 647,799,347 | Rp. 686,055,090
94.42 %
BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA
Rp. 647,799,347 | Rp. 249,661,292
259.47 %
BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN
Rp. 43,840,000 | Rp. 64,672,219
67.79 %
BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Rp. 326,244,288 | Rp. 326,767,000
99.84 %
BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, DARURAT DAN MENDESAK DESA
Rp. 448,560,000 | Rp. 448,600,000
99.99 %